Langsung ke konten utama

SAFARI RAMADHAN

 REFLEKSI BACKPACKER RAMADAN

Halooo man-teman ...

Pada Ramadan kali ini aku melakukan petualangan menuju masjid Jogokaryan yang tepatnya berada di Jogjakarta. Perjalanan kali ini aku berkesempatan menjadi suka relawan Masjid bersama dengan teman-teman dari My idea school.

Owh iyaa, Acara suka relawan ini adalah salah satu program Ramadhan my idea school. yang bertema safari Ramadhan.

 Petualangan kali kali mungkin akan selalu membekas di pikiran ku. Mulai dari menyiapkan makanan sebanyak 3500-4000. Para warga  yang ramah dan Cramah-cramah yang seru

aku memulai dan mengakhiri perjalanan pada tanggal 13 -18 Maret 2024.

Dibawah ini merupakan beberapa poin refleksiku setelah mengikuti ''safari ramadhan'' ini


Sebutkan tradisi Ramadan yang paling berbeda di masjid Jogokarian jika dibandingkan dengan tempat tinggalmu

yang paling berbeda ketika meberi takjil makanan berat sebanayak 3500 porsi, para warga sangat antusias mebantu menyiapkan makanan.   

adanya apotik kecil untuk mengobati para warga yang sakit karna lelah ikut membantu menyiapkan makanan. 

diadakanya acara anak-anak dan ramaja. 
 
adanya dongeng anak-anak yang menceritakan tentang sejarah-sejarah nabi.

kajian untuk para remaja tentang dampak negatif pergaulan beba. seperti bulying dan pacaran. 

mensediakan penginapan untuk orang-orang di luar kota.

Adakah Hal / kegiatan yang menurutmu terasa berat selama safari Ramadan backpacker. 


di hari terakhir terasa sangat lelah sekali dan lebih aktif pergi kesana kesini.mengangkat piring dan menyiapkan makan. tidak seperti hari-hari bisa. 

bangun lebih pagi 02.30 ini adalah rekor saur tercepat saya. karna saya bisa bangun jam 03.30. awalnya saya merasa kesulitan lama-lama saya jadi terbiasa. 


3  Apa yang sudah kamu lakukan dengan sangat baik selama safari Ramadan backpacker 

         mengantar makanan dan menyiapkan makanan 

 

4  Pembelajaran atau insigth yang didapat sepanjang safari Ramadan backpacker 

jangan terlalu ceroboh nanti bisa merusak pekerjaan 


5 Hal baru yang kamu ketahui tentang dirimu sendiri selama safari Ramadan backpacker

aku bisa kalau aku mau melawan rasa malas. aku bisa bangun pagi karna aku bisa melawan rasa malas. karna seorang bagas sangat tidak mungkin bisa bangun pagi tapi ketika di jogokarian aku bisa melawan rasa malas dan bangun jam 2.30, dan tidak tidur lagi sampai jam 8.00.

6 Sebutkan suka dan duka dari selama safari Ramadan backpacker

Suka 

- buka bersama 

- tilawah

- bantu-bantu masjid 

7 Cantumkan 3 foto moment berkesan dan tuliskan didiskripinya









membersihkan ayam, saya jadi tau bagian mana saja yang harus di buang.



bagian yang paling seru karna pekerjaan ini tidak terlalu cape dan bisa banyak ngobrol.


bagian akhir yang cukup berat mengangkat piring dan menata pirirng .






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 5. Di hari ke 5, aku sudah merasa bosan, apalagi aku melihat jadwal kali ini sangat membosankan, hmmm rasanya malas sekali. Pagi hari kami harus menyelesaikan tugas utama kami, kami berbagi tugas untuk presentasi, dan kami latihan buat presentasi Siangnya kami latihan untuk pentas perpisahan. Ada yang menari ada yg bermain alat musik, saya diminta untuk menari tapi saya tidak mau karena hanya berdua laki2nya. Jadi saya memukul gong saj, padahal saya tertarik untuk menabuh gendang. Waktu puncak acara tiba, banyak warga dusun Sumber yang juga sudah berkumpul untuk menyaksikan presentasi dan serta penampilan kami yang latihan hanya beberapa jam. Giliran kelompok kami memaparkan mindmap tentang Air. Inti dari presentasinya adalah: Air sebagai sumber utama kehidupan, harus kita jaga, jangan sampai tercemar karena bisa mengganggu kehidupan.  Cara menjaganya yang bisa dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan kelompok lain pun juga memaparkan tentang 

Reuse Yuuk !

                                Man-teman, aku mendapatkan tugas IPA tentang reuse nih..... Apa itu reuse? Menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah pemproses kembali bahan yang pernah di pakai untuk mendapatkan produk yang baru. Nah di sini aku mendapatkan tugas reuse dari botol bekas yang akan digunakan menjadi pot. Cara bikinnya cukup mudah loh... Berikut adalah langkah cara membuatnya. Pertama kita siapin bahan-bahannya dulu ya.... Botal air mineral ukuran 1,5 liter (1 buah), 2. Pisau, 3. Gunting, 4. Kain bekas , 5. Tanah, 6. Air Man-teman setelah bahan disiapakan berikut cara membuatnya yaaa... Langakah pertama dan ke dua potong botol bekas di tengah-tengah botol menjadi 2 bagian dan bologi tutup botol Masukan kain di tutup botol (ohya kain ini sebagai ganti penyiram tanaman) dan tumpuk potongan botol bagian atas secara terbalik. Isi dengan air pada potongan botol bagian bawah  Kemudian isi tanah pada potongan botol bagian atas.